PERINGATAN HARI BAHASA IBU SEDUNIA TINGKAT KABUPATEN SUBANG
(Diskominfo / Bag. Humas Kab. Subang)

Subang, Menurut Bupati Subang bahwa untuk memperingati bahasa ibu sedunia tidaklah perlu ditetapkan pada 21 Pebruari semata. Sebaiknya diperingati setiap hari dengan mempergunakan Bahasa Sunda dengan sebaik-baiknya sebagai identitas kita semua. Hal tersebut merupakan sambutan Bupati Subang yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Subang, Drs. H. Rahmat Solihin dalam membuka peringatan Bahasa Ibu Sedunia tingkat Kabupaten Subang yang diselenggarakan di Aula Setda Subang, Selasa (21/2/2012). Pada dasarnya ditetapkannya tanggal 21 Pebruari sebagai Hari bahasa Ibu Sedunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui lembaga UNESCO dalam rangka memelihara budaya yang merupakan sumber daya kearifan manusia dalam berkehidupan.
Selanjutnya disampaikan bahwa Pemkab Subang telah 4 tahun terakhir menyelenggarakan peringatan Hari Bahasa Ibu Sedunia melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yang bekerjasama dengan MGMP Bahasa. ”Sepertinya Kabupaten Subang adalah kabupaten yang pertama kali memperingati Bahasa Ibu. Hal ini sebagai apresiasi pemerintah kepada harapan pihak-pihak yang peduli akan lestarinya bahasa Sunda yang ada di Subang,” ujar Sekda. Upaya yang dilakukan Pemkab Subang baru sebatas memperingati Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu.
Disampaikan pula bahwa di Subang selain Bahasa Sunda ada juga Bahasa Jawa yang dipergunakan oleh sebagian warganya. Namun, lanjutnya, bukan berarti Pemerintah Subang menganaktirikan bahasa daerah lain selain Bahasa Sunda. Pemerintah Subang juga tetap peduli dengan kekayaan bahasa yang dipergunakan oleh warganya.
Untuk itu kepada semua warga mengajak supaya bangga mmpergunakan bahasa ibu dalam keseharian. ”Tidak perlu gengsi atau malu mempergunakan bahasa Sunda. Sudah waktunya kebanggaan mempergunakan bahasa ibu sebagai kekayaan bangsa.
Untuk memeriahkan acara ditampilkan kesenian yang merupakan budaya asli Sunda yang hidup di Subang dan untuk mengisi kegiatan diselenggarakan lomba membaca cerita dalam Bahasa Sunda dan degung yang diikuti oleh siswa dari SMA dan SMK se-Kabupaten Subang. Turut Hadir pada kegiatan ini ialah Kepala Dinas Budparpora, Ading Suherman serta para tokoh Sunda di Subang.
 (Diskominfo / Bag. Humas)

Penulis : Wardono Eko Susanto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh Wardono Eko Susanto pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan